Berita

Masih Ada Warga Yang Arisan, Relawan Muhammadiyah Beri Edukasi

Magelang, 31 Maret 2020. Tim relawan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kabupaten Magelang terdiri dari personil MDMC, Pemuda Muhammadiyah, Kokam dan Aisyiyah yang berdomisili di Kecamatan Dukun melaksanakan sosialisasi tentang Covid-19 kepada warga Kecamatan Dukun kemarin (30/03/2020).

Sosialisasi dilaksanakan secara berkeliling wilayah Kecamatan Dukun, terutama di tempat-tempat yang masih ada kerumunan warga seperti pasar, jalan-jalan utama dan dusun-dusun. Para relawan yang berjumlah 13 orang tersebut dikoordinir langsung oleh Ketua MDMC Kabupaten Magelang, Asroni dengan menggunakan 1 unit mobil pick up dan 1 ambulance Lazismu Dukun .

Sosialisasi dilaksanakan secara oral melalui microphone dengan sound system yang dipasang di atas mobil dan penempelan poster-poster edukasi yang sudah diproduksi oleh MCCC Kabupaten Magelang.

Warga Masih Arisan

Saat sosialisasi keliling tersebut tim sempat menemui warga yang menggelar arisan di sebuah dusun meskipun sudah ada himbauan untuk tidak melaksanakan acara-acara yang mengumpulkan orang. Kebetulan tempat arisan di salah satu rumah warga tersebut berada di pinggir jalan sehingga mudah diketahui.

Kepada peserta arisan yang terdiri dari ibu-ibu di dusun tersebut, anggota tim kemudian memberikan edukasi tentang himbauan pemerintah untuk jaga jarak, tidak berkumpul-kumpul disaat wabah Covid-19 ini masih merebak. Setelah mendengar penjelasan, akhirnya ibu-ibu kelompok arisan tersebut mau membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing.

“Kami memberi penjelasan dan mengajak warga secara persuasif untuk mentaati anjuran pemerintah terkait wabah Covid-19 ini. Alhamdulillah mereka mau mengerti,” kata Asroni selaku koordinator tim sosialisasi.

Sementara itu di beberapa dusun, para pemudanya berinisiatif menutup akses keluar masuk dusun masing-masing dengan portal yang dijaga secara bergiliran untuk membatasi mobilitas warga terutama dari luar. Warga juga mulai melaksanakan disinfektasi secara mandiri di pemukiman mereka masing-masing.

Di salah satu desa, tim sosialisasi bertemu dengan kepala desa yang menyampaikan banyak warganya mudik dari kota-kota besar tapi belum melaporkan diri ke desa dan puskesmas setempat.

Kepada tim, warga yang ditemui menyambut baik sosialisasi tersebut karena mereka mendapat pengetahuan terkait berbagai hal tentang wabah Covid-19. Dalam kenyataannya banyak warga masih awam dengan wabah Covid-19.

Giat MCCC Kabupaten Magelang

Sejak dikukuhkan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang pertengahan Maret silam, MCCC Kabupaten Magelang telah melaksanakan berbagai macam kegiatan dalam rangka penanggulangan Covid-19.

Kegiatan-kegiatan tersebut yaitu sosialisasi secara langsung di beberapa satuan pendidikan baik milik Muhammadiyah maupun bukan di beberapa kecamatan, sosialisasi secara online juga penempelan poster-poster edukasi tentang Covid-19 di masjid, dusun-dusun dan tempat-tempat strategis, penyemprotan diisinfektan di AUM dan tempat-tempat umum baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Magelang.

Ketua MCCC Kabupaten Magelang, Margono menyampaikan bahwa aktifitas MCCC Kabupaten Magelang didukung sepenuhnya oleh jajaran PDM beserta ortomnya dan terutama di support total oleh Lazismu Kabupaten Magelang. “Kami mengajak warga Muhammadiyah khususnya dan warga Kabupaten Magelang pada umumnya untuk mendukung giat MCCC ini guna mendukung pemerintah tanggulangi Covid-19. (Sapari).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *