Berita
Vaksinasi Covid-19 “Kita Jaga Kyai” Di MBS Ki Bagus Hadikusumo Bogor

Vaksinasi Covid-19 “Kita Jaga Kyai” Di MBS Ki Bagus Hadikusumo Bogor

Bogor – Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadi Kusumo yang berlokasi di Jampang, Bogor hari ini (17/09) melaksanakan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi yang dikoordinasi oleh Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah ini merupakan program kerja sama dengan Baznas dan Kementrian Agama RI yang melibatkan ormas-ormas Islam di Indonesia dengan nama program “Kita Jaga Kyai”.

Di Muhammadiyah, vaksinasi melalui program “Kita Jaga Kyai” ini dikoordinasikan oleh MCCC PP Muhammadiyah dan dilaksanakan di pesantren-pesantren milik Muhammadiyah.

Sasaran vaksinasi melalui program ini total ada 27 pesantren Muhammadiyah di seluruh Indonesia dan MBS Ki Bagus Hadikusumo merupakan pesantren ke-3 yang menjalankannya.  Vaksinasi pertama dilaksanakan di Madrasah Muallimin Yogyakarta, kedua di Muallimin Garut.

Peserta vaksinasi hari ini sebanyak 250 orang dari internal boarding school dibawah naungan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta tersebut.

Vaksin yang digunakan kali ini adalah Sinovac dengan vaksinator berasal dari Rumah Sehat Baznas RI dengan ketua tim vaksinator yaitu dr. Dewi dan dikoordinasikan oleh MCCC PP Muhammadiyah.

Hadir dalam acara pembukaan Mudir MBS Ki Bagus Hadi Kusumo, Kiai Nur Achmad, S.Ag., MA. beserta jajaran ustadz/ustadzah, perwakilan MCCC PP Muhammadiyah yaitu Fifi Maghfiroh dan Nur Asiah.

Dalam sambutan singkatnya, Nur Achmad menyampaikan rasa syukur bahwa MBS Ki Bagus Hadikusumo saat ini bisa melaksanakan pembelajaran offline, semua santri bisa belajar dengan aman dan nyaman.

Tentang vaksinasi, Nur Achmad menyebutnya sebagai sebuah ikhtiar. “Ini merupakan ikhtiar menjemput takdir baik, yakni usaha mencegah penyebaran covid 19. Semoga Allah lindungi kita semua, bangsa dan umat ini,” katanya.

Menurut Nur Achmad, sebenarnya target peserta berjumlah 270 orang, namun setelah menjalani skrining, beberapa orang tidak lolos ikut vaksinasi.

Terakhir, Nur Achmad mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan membantu memfasilitasi vaksinasi. “Kami sampaikan terima kasih kepada MCCC PP Muhammadiyah, tim Rumah Sehat Baznas, Puskesmas Kemang, dan pihak-pihak lainnya yang sudah bekerja sama dengan MBS,” pungkasnya.

Sementara Fifi Maghfiroh dalam sambutannya mengatakan Program ini untuk mendukung pencegahan covid di pesantren. “MCCC PP Muhammadiyah bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren PP Muhammadiyah dan juga sejumlah pihak,” kata dokter yang juga dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta ini.

MBS Ki Bagus Hadikusumo ini merupakan pondok pesantren Muhammadiyah yang pendiriannya adalah kerja sama PWM DKI Jakarta dengan 3 perguruan tinggi Muhammadiyah di Jakarta yaitu STIE Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Universitas Buya Hamka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *