Berita
Siapkan Duta Vaksinasi, Mentari Covid-19 Vaccine MPKU PP Muhammadiyah Adakan Pelatihan Edukator Vaksin

Siapkan Duta Vaksinasi, Mentari Covid-19 Vaccine MPKU PP Muhammadiyah Adakan Pelatihan Edukator Vaksin

Yogyakarta (06/10) – Mentari Covid-19 Vaccine (MCV) MPKU PP Muhammadiyah atau program percepatan vaksinasi nasional yang didukung oleh USAID menyelenggarakan pelatihan edukator vaksin Covid-19 pada Minggu, 03 Oktober 2021 melalui pertemuan daring.

Peserta pelatihan ini adalah calon-calon tim edukator sebanyak 337 peserta yang telah diutus oleh panitia penyelenggara Vaksinasi Lintas Agama Muhammadiyah di daerah melalui Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM).

Tujuan dari acara pelatihan edukator ini untuk membentuk duta vaksinasi di daerah dengan sasaran percepatan vaksin di seluruh wilayah Indonesia. Akan hadir sebagai pemateri, yaitu Sub Koordinator Sub Substansi Evaluasi Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI, dr. Widiana K Agustin, M,KM.; pakar komunikasi sekaligus Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UMY, Dr. Fajar Junaedi; dan Operation Manager Mentari Covid-19 Vaccine, dr. Cintyanna Taritasari.
Para duta vaksin ini nantinya akan mengemban tugas untuk mengedukasi dan menyediakan informasi yang tepat seputar Covid-19 dan Vaksin Covid-19 untuk masyarakat dan sasaran target vaksinasi.

dr. Ekorini Listiowati, MMR, project manager Mentari Covid-19 Vaccine menjelaskan bahwa edukasi mengenai Vaksin Covid-19 saat ini sangat diperlukan mengingat masih perlunya meningkatkan kesadaran masyarakat akan vaksinasi Covid-19. “Semakin banyak masyarakat yang teredukasi dan sadar akan pentingnya vaksinasi maka semakin cepat pula tingkat capaian target vaksinasi di Indonesia. Acara pelatihan ini menjadi bagian dari usaha percepatan vaksinasi Covid-19 nasional,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Koordinator Divisi Diseminasi Informasi MCCC PP Muhammadiyah, Budi Santoso, S.Psi., M.KM., program ini mendukung Muhammadiyah Covid 19 Command center dalam mengkampanyekan tagline optimis hadapi pandemi.

“Penurunan risiko covid di Indonesia salah satunyaa apabila seluruh masyarakat sudah divaksin. Melalui terbenguknya duta vaksin ini maka akan mempercepat penerimaan vaksin bagi masyarakat menuju ketangguhan komunitas,” ujarnya.

Selanjutnya, Mentari Covid-18 Vaccine akan terus mengadakan pelatihan dan juga webinar seputar vaksinasi Covid-19 sebagai bagian dari usaha untuk mencerahkan dan mendorong masyarakat untuk sadar akan pentingnya melaksanakan vaksinasi. (*)

Budi Santoso, S.Psi., M.KM.
Tim Media MCCC PP Muhammadiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *