Berita
Protokol Kesehatan dan Vaksinasi, Ikhtiar Warga Muhammadiyah Perangi Covid-19

Protokol Kesehatan dan Vaksinasi, Ikhtiar Warga Muhammadiyah Perangi Covid-19

Yogyakarta (05/09)—Tidak ada pasien Covid-19 per tanggal 5 September 2021 di RSI Fastabiq Sehat Pati. Demikian disampaikan oleh Direktur RSU Fastabiq Sehat, dr. Aldila S. Al-Arfah, MMR dalam kegiatan vaksinasi lintas agama di RSU Fastabiq Sehat, Pati, Senin (05/09).

Kegiatan vaksinasi ini merupakan kerja sama antara Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dengan Kementerian Kesehatan RI, RSU Fastabiq Sehat Pati, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati.

Lebih lanjut, dr. Aldila menyatakan bahwa RSU Fastabiq Sehat sejak awal pandemic pada Maret 2020, sudah menjadi rumah sakit rujukan Covid-19. “Covid-19 bisa diputus dengan 2 cara, yaitu menjalankan protokol kesehatan dan vaksinasi,” ujarnya.

RSU Fastabiq Sehat Pati mendapatkan 2.000 dosis vaksin. Peserta vaksinasi hari ini berasal dari masyarakat lintas agama dari berbagai organisasi masyarakat di Kabupaten Pati. Agar tidak terjadi kerumunan, pelaksanaan menggunakan kuota 300 pesera per hari. Vaksinasi dilakukan hari Senin hingga Jumat pada jam kerja.

Ketua PDM Kabupaten Pati, H. M. Asnawi, S.Ag., M.E. mengajak masyarakat menjadikan Covid-19 sebagai salah satu ujian yang dapat dilewati dengan ikhtiar, yaitu vaksinasi.

Secara daring, Ketua MCCC PP Muhammadiyah, DR. Agus Samsudin, M.M. menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini. “MCCC pada bulan ini melaksanakan 12 vaksinasi di RS dan AUM lainnya. Target kami 4 juta vaksinasi sampai akhir tahun bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan,” terangnya. Agus Samsudin menyatakan Muhammadiyah secara keseluruhan masih aktif membantu pemerintah menangani pandemi.

Kepala PKK Kemenkes RI yang diwakili oleh dr. Widiana K. Agustini mengapresiasi pemerintah Kabupaten Pati. Tujuan vaksinasi adalah untuk memperkuat sistem kesehatan masyarakat. “Dengan vaksinasi ini kita berupaya untuk membangun kekebalan individu dan kekebalan kelompok sehingga masyarakat bisa saling melindungi,” ujarnya.

Bupati Pati, H. Haryanto, S.H., M.M., M.Si., berterima kasih kepada RSU Fastabiq Sehat dan MCCC PP Muhammadiyah dalam penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Pati. “Kunci keberhasilan penanggulangan Covid-19 adalah penggunaan masker. Saya selalu mengingatkan warga untuk selalu menggunakan masker. (*)

Budi Santoso, S.Psi., M.KM.
Tim Media MCCC PP Muhammadiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *