Uncategorized
Laporan Akhir Pendampingan Psikososial Kerjasama MCCC – UNICEF Indonesia

Laporan Akhir Pendampingan Psikososial Kerjasama MCCC – UNICEF Indonesia

Program pendampingan layanan Psikososial bagi pasien, tenaga kesehatan dan masyarakat umum selama pandemi ini dilaksanakan dalam dua bentuk kegiatan, yaitu sosialisasi dan pendampingan dampak psikososial akibat pandemi. Kegiatan ini dilaksanakan di 77 Rumah Sakit Muhammadiyah Aisyiyah yang tersebar di 14 Provinsi.

Target utama kegiatan ini adalah mensosialisasikan dampak psikososial pada masa pandemi ini bagi masyarakat umum, agar awareness atau kesadaran masyarakat umum atas gejala stres dan depresi yang tidak hanya dihadapi oleh pasien positif Covid-19 beserta keluarganya, namun juga dirasakan oleh pelajar dan masyarakat umum akibat perubahan belajar, bekerja serta dampak ekonomi yang mengakibat-kan turunnya pendapatan selama pandemi ini.

Kegiatan ini berjalan selama empat bulan, terhitung sejak bulan September hingga Desember 2020. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan membuat materi cetak berupa buku saku tentang menghadapi dampak psikososial bagi tenaga kesehatan dan pasien terdampak Covid-19. Buku saku ini dibagikan melalui RSMA yang menjadi mitra dalam kegiatan ini. Sedangkan sosialisasi lain dalam bentuk paket materi program siaran baik di Televisi Muhammadiyah (TVMu) dan jaringan Radio Muhammadiyah (RadioMu). Selain itu kegiatan sosialisasi juga dilakukan melalui media social seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan Twitter akun @Mucovid19 (Muhammadiyah Covid 19).

Hasil dari kegiatan ini adalah terjangkaunya 1.434.752 audiens melalui media sosial dan penyiaran. Serta menjangkau 21.408 pasien beserta keluarganya dan 5.392 tenaga kesehatan di seluruh RSMA mitra.

Lebih detail bisa Anda lihat di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *