Berita
lpcr

Kreativitas Warga Muhammadiyah melalui Lomba Video Cabang dan Ranting Bersatu Menghadang Pandemi Corona

Yogyakarta (19/06)—Sejak awal diumumkannya pasien pertama Covid-19 di Indonesia, Muhammadiyah langsung bergerakmengantisipasi penyebarannya. Berbagai upaya ditempuhmulai dari pembentukan MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center) dengan seperangkat program dan kegiatannya dari pusat sampai daerah.

Berbagai aksi nyata jamaah Muhammadiyah untuk lingkungan sekitarnya dari penyemprotan desinfektan di fasilitas umum hingga penyediaan logistik untuk warga yang terdampak, telah dan terus dilakukan oleh Muhammadiyah. 

Untuk menularkan sekaligus mendokumentasikan kreatifitas warga Muhammadiyah di tingkatan Cabang dan Ranting yang menyentuh warga masyarakat secara langsung, Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) PP Muhammadiyah mengadakan lomba Lomba Video Cabang dan Ranting Tahun 2020.

Lomba yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut tahun ini mengambil tema “Cabang dan Ranting Bersatu Menghadang Pandemi Corona” dengan peserta dari perwakilan PCM dan PRM atau Ortom setingkat baik perorangan dan kelompok.

Bagi LPCR PP Muhammadiyah, lomba video kali ini merupakan lomba yang ketiga kalinya setelah pertama tahun 2018 tentang Profil Cabang dan Ranting, tahun 2019 tentang inspirasi gerakan berkemajuan dari Cabang dan Ranting.

Produksi video dari para peserta lomba dilaksanakan tanggal 19 April – 3 Juni 2020 dengan masa penjurian dari tanggal 7-17 Juni 2020 serta pengumuman pemenang tanggal 18 Juni 2020. Ada 53 peserta lomba yang berhak berkompetisi dalam penjurian dan kemudian ikut Kontes Like & View di Youtube dari tanggal 7 – 12 Juni 2020 untuk menentukan juara favorit.

Sub tema yang dilombakan kali ini yaitu Inspirasi Ramadhan & Idul Fitri #DiRumahSaja, Kegiatan Lumbung Pangan / Kemandirian Pangan Cabang Ranting, Kegiatan Generasi Muda Muhammadiyah, Ta’awun dan Ukhuwah Internal / Antar Cabang Ranting, Inovasi Lokal: Kegiatan Syiar Dakwah (Tabligh) Cabang Ranting,  Inovasi Lokal: Kegiatan Bisnis AUM Milik Cabang Ranting.

Adapun kriteria penilaian lomba video ini yaitu kreativitas dan originalitas cerita, kesesuaian dengan tema, segi estetika/keindahan videografi, pesan yang menginspirasi. Total hadiah yang disediakan untuk para pemenang sebesar 15 juta rupiah.

Dewan juri dari lomba video ini terdiri dari 3 orang yaitu Dr. Phil. Ahmad Norma Permata (Ketua LPCR PP Muhammadiyah), Ahmad Jamaludin, Psikolog (Wakil Ketua LPCR PP Muhammadiyah) dan Gibbran Prathisara S. Sn., M. Sn. (Dosen Videografi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan.

Setelah melalui fase penjurian panitia menetapkan PCM Tegalrejo Kota Yogyakarta dengan judul video “Bersama Saling Menguatkan” sebagai juara 1 kemudian PCM Jatinom Klaten Jawa Tengah dengan video “Media Pasukan Terdepan Dakwah” sebagai juara 2.

Sementara untuk juara 3 ada dua peserta yaitu PRM Karangduak, Sumenep Madura dengan video “Profitabel Virus” serta video berjudul “Pandemi dan Sang Pencerah” – PCM Kuaro Paser Kaltim

Untuk juara favorit adalah video berjudul “Superdiro : Menembus Keterbatasan” – Muhammadiyah Cabang Ajibarang Banyumas sedangkan juara harapan “Sela Lebaran #DiRumahAja” – PCM Sampang Kab. Cilacap

Menurut Wakil Ketua LPCR, Muhammad Jamaluddin Ahmad, yang menjadi angota dewan juri selama tiga gelaran lomba ini, kualitas dan kwantitas video yang dihasilkan selalu mengalami kenaikan.

“Lomba pertama menjaring 16 video, lomba kedua 22, dan lomba yang ketiga ini ada 53 video. Kualitasnya juga semakin meningkat dan semakin terlihat digarap dengan serius, walau untuk yang ketiga ini waktunya relatif agak mepet, namun secara kualitas dan kuantitas malah meningkat,” katanya.

Yang lebih menggembirakan, sebaran video yang masuk ke panitia cukup mewakili Indonesia secara keseluruhan. Ada yang dari Madura, Kalimantan, Bali, Jawa, Sumatera, juga Papua dan pulau lainnya. Semua video pemenang dan video dari seluruh peserta dapat dilihat di chanel Youtube LPCR PP Muhammadiyah (*)

Budi Santoso, S.Psi.

Tim Media MCCC PP Muhammadiyah

1 thought on “Kreativitas Warga Muhammadiyah melalui Lomba Video Cabang dan Ranting Bersatu Menghadang Pandemi Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *