Berita
Ikhtiar Menuju Sehat, MCCC Gelar Vaksinasi di Temanggung

Ikhtiar Menuju Sehat, MCCC Gelar Vaksinasi di Temanggung

Yogyakarta (04/10)–Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah menggelar vaksinasi bagi masyarakat umum dan lintas agama di Pendopo Pengayoman, Komplek Rumah Dinas Bupati Temanggung, Senin (4/10/2021).

Ketua MCCC Kabupaten Temanggung dr Galih Herlambang SpA mengatakan, vaksinasi massal Covid-19 menggunakan vaksin sinovac yang didapat dari MCCC Pusat.

“Vaksinasi ini untuk masyarakat umum dan lintas agama, ditarget sekitar 2500 warga divaksin,” katanya disela-sela vaksinasi di Pendopo Pengayoman. Ia mengatakan, vaksinasi dilaksanakan selama 4 hari, yakni 4, 7, 11 dan 14 Oktober 2021. Vaksinasi sebagai dukungan untuk percepatan vaksinasi di Kabupaten Temanggung.

Adapun sasaran vaksinasi adalah masyarakat umum, baik itu anak muda, remaja, dewasa atau lansia. Selagi memenuhi persyaratan dipersilahkan datang mendaftar dan mendapat vaksinasi. “Harapannya, semakin banyak yang divaksin segera tercipta herd immunity di Temanggung,” katanya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Temanggung KH Asy’ari Muhadi mengatakan, vaksinasi dengan 2.500 sasaran yang berlangsung di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung ini dibagi dalam empat tahap.

“Kami menerima bantuan vaksin dari Kemenkes melalui MCCC pusat, kemudian di daerah ini kami bekerja sama dengan tokoh-tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama, sekolah dalam hal ini pelajar dan masyarakat umum yang menjadi sasaran,” katanya.

Ia menyampaikan, pelaksana vaksinasi adalah tenaga kesehatan dari RS PKU Muhammadiyah Kabupaten Temanggung dan dari tenaga kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma).

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, saat memantau pelaksanaan vaksinasi mengatakan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Temanggung, terutama MCCC telah berperan banyak dalam penanganan pandemi Covid-19.

Selama ini, mereka terlibat aktif dalam sosialisasi protokol kesehatan, perawatan dan pengobatan warga yang terpapar Covid-19, serta pemberian bantuan pada warga terdampak pandemi.

“Relawan dari Muhammadiyah terlibat dalam berbagai aksi kemanusiaan, dan hari ini Muhammadiyah menggelar vaksinasi pada masyarakat,” pungkasnya. (*)

Budi Santoso, S.Psi., M.KM.
Tim Media MCCC PP Muhammadiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *